Speaker baru yang kompatibel dengan TV ELAC akan memuaskan musuh soundbar Dolby Atmos

Speaker baru yang kompatibel dengan TV ELAC akan memuaskan musuh soundbar Dolby Atmos

Bagi banyak penggemar film, soundbar Dolby Atmos akan memberikan semua yang mereka butuhkan untuk menikmati film terbaru di TV dengan tingkat realisme audio yang tidak pernah dapat diberikan oleh speaker internal perangkat Anda. Tetapi bagaimana jika Anda juga ingin mendengarkan musik? Soundbar terbaik unggul dalam suara film, tetapi beberapa pendengar mungkin akan kecewa ketika tiba saatnya untuk memutar musik di ‘bar yang sama.

Alasan untuk ini banyak, tetapi sebagian besar disebabkan oleh soundbar yang harus mengemas speaker yang digunakan untuk menyiarkan informasi dari saluran kiri, kanan dan tengah – dan dalam beberapa kasus juga saluran surround dan tinggi – dalam bentuk yang ramping, kompak, satu kesatuan. Desain terbaik berusaha untuk mereproduksi musik stereo dengan tingkat kejelasan yang tinggi, tetapi tugas utama untuk sebagian besar soundbar biasanya adalah untuk memberikan dampak maksimal dengan soundtrack film.

Beruntung bagi penggemar musik, gelombang baru speaker stereo bertenaga penuh untuk TV telah membuat keuntungan akhir-akhir ini. Kami telah melihat model ini muncul dari perusahaan speaker tradisional seperti KEF, dynaudio, dan SVS, dan sekarang Anda dapat menambahkan Elac ke daftar itu.

Sementara penawaran KEF dan Dynaudio adalah model mahal dengan Wi-Fi built-in untuk streaming audio lossless secara nirkabel dari Tidal, Apple Music, dan layanan lainnya, speaker bertenaga Debut ConneX Elac yang baru ($600 / £600 / AU$900) mengandalkan aptX Bluetooth untuk streaming musik nirkabel. Tetapi Bluetooth hanyalah bagian dari kisah Debut ConneX. Seperti model lain yang telah saya sebutkan, speaker terbaru Elac memiliki input HDMI ARC, yang memungkinkan Anda menautkannya ke TV untuk suara film yang jauh lebih baik – meskipun tanpa efek ketinggian Dolby Atmos.

Berasal dari perusahaan speaker biasa, Debut ConneX dirancang dengan cara yang sama seperti speaker stereo terbaik. Ini menggunakan tweeter kubah lembut 0,75 inci dan woofer polipropilen 4,5 inci, keduanya didukung oleh amplifier 2 x 50 watt built-in. Port penembakan belakang digunakan untuk meningkatkan output low-end dan di sini dibantu oleh sirkuit peningkatan bass milik XBass.

Tidak mengherankan untuk speaker dengan nama ConneX, ada banyak pilihan koneksi selain HDMI ARC dan aptX Bluetooth. Ada port USB PC yang mendukung sinyal hingga 24-bit/96kHz bersama dengan jack audio digital optik dan input preamp phono untuk koneksi turntable langsung. Output subwoofer disediakan untuk menghubungkan sub eksternal untuk bass tambahan dan terminal speaker panel belakang pada Debut ConneX utama (yang berisi amplifier dan koneksi input) digunakan untuk menghubungkannya ke unit satelit melalui kabel yang disertakan.

Debut ConneX sekarang tersedia dalam tiga pilihan warna: hitam, kenari, dan biru tua.

Elac Debut Speaker bertenaga ConneX menampilkan berbagai opsi input: HDMI, digital optik, USB-PC, dan phono untuk meja putar. (Kredit gambar: elac)

Ulasan: Speaker dengan HDMI adalah soundbar baru

Sistem speaker Dolby Atmos yang terisi penuh yang ditenagai oleh salah satu penerima AV terbaik memberikan tiket cepat ke suara home theater terbaik, tetapi tidak semua orang memiliki ruang untuk opsi itu atau uang untuk mengejarnya. Dengan ukurannya yang ringkas dan penanganan soundtrack film yang umumnya mengesankan, soundbars adalah alternatif yang solid dan terjangkau yang membuatnya mudah untuk direkomendasikan.

Tapi sebagus soundbars mungkin terdengar, Anda benar-benar perlu menggunakan salah satu model berkinerja lebih baik untuk mendapatkan hasil yang layak saat memutar musik stereo. Tidak mengherankan, ini adalah area di mana speaker hi-fi tradisional dapat melakukan keajaiban, streaming musik dengan pemisahan saluran yang jelas, dinamika yang tidak terkompresi, dan rasa transparansi yang membuat Anda percaya bahwa para musisi ada di ruangan itu bersama Anda. .

Bagi mereka yang mencari kualitas di atas saat mendengarkan musik, tetapi juga ingin menonton film dan TV di sistem yang sama, speaker dengan HDMI adalah rekomendasi mudah lainnya. Ya, mereka bukan pengganti untuk pengaturan home theater Dolby Atmos penuh, juga tidak dirancang untuk menjadi satu. Tetapi dengan harga mulai dari $600 / £600 / AU$900 untuk Elac’s Debut ConneX, mereka adalah pilihan yang fleksibel dan masuk akal yang dapat menawarkan yang terbaik dari dunia musik dan film.

Author: Nicholas Edwards