Kebocoran Sony FX30, rumor, dan apa yang ingin kita lihat

Kebocoran Sony FX30, rumor, dan apa yang ingin kita lihat

Sony dikenal sebagai salah satu produsen kamera film terbesar di dunia, memasok kamera ke Hollywood, agensi, dan pembuat film solo. Ini sudah menghasilkan favorit penggemar termasuk Sony FX3 yang ringkas namun kuat – dan sekarang sepertinya versi yang lebih terjangkau dari kamera itu akan segera hadir.

Jika Anda seorang pembuat film yang membayar harga untuk Sony FX3 (yang berharga $3.899/£4.200 saat peluncuran), ini bisa menjadi berita yang sangat bagus. FX3 adalah kamera bioskop full-frame kompak yang menggabungkan konstruksi seri Alpha Sony dengan kemampuan video canggih dari lini bioskopnya.

Solusi ringkas ini menyediakan gerbang entry-level ke kamera bioskop yang diproduksi Sony sambil tetap akrab bagi penggemar Alpha mirrorless. Ini didasarkan pada Sony A7S III, salah satu camcorder terbaik yang dapat Anda beli, tetapi bahkan lebih dari camcorder murni daripada favorit E-mount.

Sejak peluncuran Sony FX3, telah terbukti populer di kalangan pembuat film solo dan profesional industri berpengalaman yang mencari kamera B yang kecil namun kuat. Sekarang, setahun setelah dirilis, rumor beredar dengan rumor Sony Alpha (terbuka di tab baru) yang menyatakan bahwa versi APS-C baru dari kamera bioskop sedang dalam perjalanan dalam bentuk FX30. Tapi kesenangan video apa yang akan dibawanya? Inilah semua yang kami ketahui sejauh ini, ditambah daftar keinginan dari jenis spesifikasi yang ingin kami lihat.

Tanggal dan harga rilis Sony FX30

Sepertinya kami sekarang mungkin memiliki tanggal rilis yang tepat untuk Sony FX30. Rumor Sony Alpha yang umumnya dapat diandalkan (terbuka di tab baru) cukup yakin bahwa kamera akan diluncurkan pada 28 September, meskipun ini dapat bervariasi menurut zona waktu.

Dalam hal ini, itu akan membuat kamera lebih dari 18 bulan sejak kedatangan Sony FX3, yang tiba pada Februari 2021. FX30 juga akan menjadi kamera mirrorless baru pertama Sony tahun ini, dengan pengumuman terbarunya adalah Sony A7 IV pada Oktober 2021.

(Kredit gambar: Sony)

Belum ada bocoran besar atau rumor tentang kemungkinan harga FX30, tetapi kami dapat membuat beberapa tebakan. Kamera yang paling dekat dengan model baru ini adalah Sony A7S III ($3.499 / £3.800 / AU$5.999 saat peluncuran) dan FX3, yang berharga $3.899 / £4.200 (sekitar AU$7.485) ketika tiba tahun lalu.

Kedua kamera adalah model full-frame. Jika FX30 memiliki sensor APS-C yang lebih kecil, sepertinya harganya lebih mahal di kisaran $2.500, angka yang juga muncul dalam bocoran rumor Sony Alpha sebelumnya (terbuka di tab baru). Ini masih mahal untuk kamera APS-C, tetapi dapat dibenarkan jika FX30 mempertahankan sebagian besar fitur FX3…

Rumor Sony FX30 dan Yang Ingin Kami Lihat

Rumor Sony Alpha (terbuka di tab baru) menyatakan pada 12 September bahwa ia telah melihat Sony FX30 dan terlihat sama dengan Sony FX3. Namun, daftar spesifikasi kamera telah berubah dua kali, jadi kami mengambil informasi yang bocor sejauh ini dengan sedikit garam.

Awalnya, Sony FX30 diyakini memiliki sensor full-frame. Tapi sekarang tampaknya lebih mungkin bahwa FX30 akan memiliki sensor APS-C sambil mempertahankan faktor bentuk kompak yang sama dengan FX3.

Sony FX3

(Kredit gambar: Sony)

Salah satu spesifikasi yang lebih menarik untuk FX30 adalah bahwa ia dapat memiliki sensor APS-C 26MP yang sama dengan Fujifilm X-H2S, kamera yang menghadirkan beberapa kekuatan video yang sangat mengesankan, termasuk video ‘open gate’ 6.2K (yang datang penuh ukuran sensor 3:2) dan kemampuan untuk merekam video 4K/120p, meskipun dengan pemotongan 1,29x.

Sony Alpha Rumours mengklaim bahwa FX30 akan dapat merekam video 4K/120p, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang apakah itu akan datang dengan pemotongan atau tidak. Faktanya, sekarang ini tentang spesifikasi kamera bioskop Sony yang akan datang. Tapi itu tidak berarti kita tidak bisa mengisi celah yang cukup besar dengan daftar keinginan kita sendiri…

Sony FX30: apa yang ingin kami lihat

1. Buka rekaman gerbang
Jika spesifikasi yang dikabarkan dapat dipercaya dan Sony FX30 berbagi sensor yang sama dengan Fujifilm X-H2S, kami ingin melihat rekaman video 6.2K ‘open gate’ di mana Anda dapat merekam seluruh sensor dalam aspek 3:2 perbandingan. .

2. ISO asli ganda
Kamera mirrorless Prosumer yang mampu menangkap gambar diam dan video umumnya memiliki rentang ISO linier di mana kualitas gambar memperkenalkan noise digital dan warna saat bergerak ke atas.

Camcorder dapat menampilkan ISO ganda yang memungkinkan sinematografer untuk menetapkan peringkat ISO yang lebih rendah saat memotret di luar ruangan dan kemudian beralih ke rentang ISO lain yang sesuai untuk kondisi cahaya rendah. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan kinerja optimal, apa pun kondisinya. Kami ingin melihat Dual-ISO ini pada FX30 diatur ke ISO 800 dan 4.000.

Sony FX3

(Kredit gambar: Sony)

3. Kartu CFexpress Tipe B + SDXC
Sony FX3 menawarkan kartu CFexpress Tipe A bersama dengan kartu SDXC untuk kecepatan transfer yang cepat. Tetapi karena teknologi bergerak dengan kecepatan yang terus berkembang, akan menyenangkan melihat CFexpress Type B diperkenalkan untuk menawarkan kecepatan baca dan tulis yang hebat dan memungkinkan perekaman resolusi lebih tinggi seperti 6.2K ‘open-gate’.

4. Gerakan lambat dengan kecepatan bingkai tinggi
Meskipun FX3 mampu merekam dalam 4K pada 120 frame per detik, itu akan menjadi bonus nyata jika FX30 hadir dengan mode 240fps (atau bahkan 480fps) pada resolusi yang lebih rendah, untuk memberi kami lebih banyak opsi gerakan lambat dan keserbagunaan . .

Author: Nicholas Edwards